Masa pandemi seperti sekarang ini online learning bagi para siswa menjadi solusi paling tepat untuk memutus mata rantai virus yang semakin mengganas. Melalui cara ini pelajar tetap bisa menyerap ilmu dengan metode pembelajaran dari para gurunya. Jarak bukanlah penghalang besar untuk belajar.

Beberapa Manfaat dari Kuliah Online

Sekarang ini hampir semua sekolah masih menerapkan sistem online learning, begitu juga mahasiswa. Mereka mendapatkan jatah kuliah online dari para pengajar bahkan sampai satu semester ini. Walaupun ada banyak rintangan namun terdapat manfaatnya juga.

  1. Tidak Terbatas Tempatnya

Kuliah dengan sistem online dirasa lebih mudah dari segi fleksibilitas tempat. Mahasiswa bisa mengikuti kelas dari manapun, tidak melulu dalam ruangan dan membuat stress. Yang terpenting adalah konektivitas internet tetap lancar dan sanggup menunjang kegiatan belajar online.

Jika konektivitas internet tidak bisa support dengan baik, maka aktivitas belajar juga akan semakin tersendat. Bisa saja saat guru tengah menjelaskan, di tengah jalan akan terhenti dan membuat miss komunikasi, ketinggalan informasi, dan semacamnya.

  1. Hemat Biaya Transportasi

Keuntungan selanjutnya dari kuliah dengan sistem online adalah tidak perlu lagi terburu-buru. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi mereka yang kuliah sambil bekerja. Sebab tidak perlu habis bensin hanya untuk ke kampus, cukup nyalakan laptop dari tempat kerja saja.

Hematnya biaya ini juga sangat cocok bagi mereka yang kuliah di universitas luar pulau atau luar negeri. Dengan sistem kuliah dari rumah bisa hemat biaya kos juga sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam aktivitas lain.

  1. Melatih Tanggung Jawab Para Siswa

Terakhir, kuliah online juga sangat bagus untuk melatih para siswa agar betanggung jawab terhadap kuliahnya. Dengan tidak adanya kelas tatap muka, maka setiap materi yang disampaikan harus benar-benar diperhatikan.

Banyak anak kuliahan akhir-akhir ini terlalu menyepelekan masalah kuliah online, padahal jika tidak sungguh-sungguh bisa berdampak pada IP yang menurun. Jangan sampai bayar uang kuliah tanpa dapat ilmunya.

Walaupun sampai sekarang belum ada titik temu kapan kuliah online akan berakhir, para pelajar harus tetap semangat dalam menjalankan setiap materi pembelajaran. Setidaknya cara ini membuat mereka aman dari bahaya virus.

 

Apa Saja Manfaat dari Online Learning?

Leave a Reply

Your email address will not be published.