Aplikasi Transfer Uang Gratis

Perkembangan teknologi dan informasi di Indonesia telah mendorong terciptanya inovasi dalam berbagai hal, termasuk dalam transaksi keuangan. Salah satu wujudnya ialah E-Wallet, yang merupakan satu dari sekian banyak aplikasi transfer uang gratis

Lantas, apa sih sebenarnya E-Wallet itu? Yuk, simak pembahasannya!

Pengertian E-Wallet

Aplikasi dompet digital atau E-Wallet adalah layanan berbasis digital yang dikembangkan dengan tujuan membantu para penggunanya dalam semua kegiatan ekonomi di zaman modern. 

Aplikasi ini memiliki beragam fungsi seperti menyimpan dana penggunanya, melakukan pembayaran dan terima uang tanpa harus bertatap muka, serta mempercepat perputaran uang di masyarakat. 

Jenis-Jenis E-Wallet

Terdapat beberapa jenis E-Wallet yang sering digunakan untuk transaksi, di antaranya:

  • OVO

OVO merupakan salah satu dompet digital yang kerap digunakan untuk membayar belanja online, membayar tagihan listrik dan pulsa, atau bahkan mengirim kado kepada teman. Aplikasi ini memiliki jaringan partnership dengan puluhan mitra atau merchant di Indonesia sehingga semakin memudahkan.

  • GoPay

Jasa transportasi Gojek juga menyediakan layanan dompet digital mereka sendiri, yaitu GoPay. Namun, dompet digital satu ini hanya tersedia untuk yang memiliki aplikasi Gojek saja, jadi pengguna perlu men-download aplikasinya terlebih dulu sebelum menggunakannya.

  • LinkAja

Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan LinkAja. LinkAja merupakan dompet digital dari Telkomsel & Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Saat ini, LinkAja sudah banyak digunakan untuk transaksi keuangan. Bahkan, menurut data, LinkAja menduduki posisi keempat sebagai layanan dompet digital yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

  • DANA

Dirilis tahun 2018 lalu, DANA cukup populer di masyarakat Indonesia karena dompet digital satu ini bisa digunakan untuk bertransaksi di situs belanja online hingga membeli makanan maupun minuman. Tentu saja, banyak diskon yang ditawarkan oleh aplikasi satu ini kepada penggunanya sehingga sangat menguntungkan. 

Keuntungan E-Wallet

Nah, ada beberapa keuntungan yang akan didapat jika menggunakan dompet digital ini, yakni:

  • Terhindar dari peredaran mata uang palsu sehingga bisnis menjadi lebih aman,
  • Semua transaksi, terutama urusan jual-beli barang, menjadi lebih cepat dan bisa menghemat tenaga dan waktu,
  • Terlindungi dari virus maupun kuman yang biasanya banyak menempel di uang kertas.

Demikian penjelasan singkat mengenai E-Wallet. Bagaimana, apakah Anda menggunakan E-Wallet untuk transaksi? 

 

E-Wallet: Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.