Kanit Reskrim Polsek Panakkukang, Iptu Iqbal Usman membeberkan kondisi terbaru Aisyah Alfika. Seperti diberitakan sebelumnya, perempuan 19 tahun itu merupakan tersangka penikaman yang menewaskan selebgram asal Makassar, Ari Pratama (24). Terhitung sudah 3 malam, Aisyah Alfika sudah mendekam di rumah tahanan wanita Mapolsek Panakkukang, Jalan Pengayoman, Kota Makassar.

Ia mulai mendekam di sel tahanan Rutan Mapolsek Panakkukang, Jumat malam. Atau, beberapa jam setelah aksi penikaman yang menewaskan selebgram Makassar, Ari Pratama. Ari Pratama ditemukan tewas bersimbah darah akibat tusukan pisau dapur yang dilakukan Aisyah Alfika.

"Kita tahan di rutan Mapolsek Panakkukang, rutan perempuan," kata Iqbal ditemui, Senin (8/3/2021) sore. Di rutan perempuan itu, kata Iqbal, Aisyah Alfika berbaur dengan empat tahanan perempuan lainnya. "Jadi kami tempatkan bersama tahanan perempuan. Keseharian pelaku (Aisyah Alfika) ini, kami berupaya juga melakukan pendekatan secara emosional," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga melibatkan pihak keluarga untuk memulihkan psikologi pelaku yang diduga terguncang setelah melakukan aksi penikaman sadis. "Kita libatkan juga orang tua si pelaku agar bisa menyesuaikan dengan lingkungan dalam sel" tuturnya. Tidak hanya itu, Aisyah Alfika juga menjalani konseling oleh Psikolog Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2TP2A) Kota Makassar, Dr Hairiyah.

Lebih kurang tiga jam pendampingan itu berlangsung di ruang Reskrim Polsek Panakukkang. "Jadi untuk pelaku penikaman hari ini kita lakukan konseling ataupun trauma healing dengan mendatangkan psikolog yang dibantu P2TP2A Kota Makassar," kata Kapolsek Panakukkang, Kompol Jamal Fathur Rakhman. Konseling itu dilakukan, kata Kompol Jamal lantaran keterangan yang diberikan Aisyah Alfika berubah ubah saat diinterogasi penyidik.

"Kita lakukan konseling dengan pertimbangan selama pemeriksaan keterangan tersangka (Aisyah Alfika) berubah ubah," ujar Kompol Jamal. "Dan histori tersangka menurut keluarga mengalami gangguan kejiwaan dan pernah di ruqiah sudah empat kali," sambungya. Konseling dan trauma healing itu lanjut dia akan terus dilakukan hingga dianggap kondisi psikologis Aisyah kembali normal.

Aksi pembunuhan yang dilakukan Aisyah terhadap Ari Pratama terjadi di Wisma Topaz, Jalan Topaz Raya Kecamatan Panakukkang, Makassar. Selebgram atau salah satu konten kreator Kota Makassar itu, ditemukan tewas bersimbah darah.

Fakta Terbaru Wanita Pembunuh Selebgram Asal Makassar, Keterangannya Berubah-ubah saat Diinterogasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.