Sejumlah pebalap MotoGP bereaksi setelah mengetahui bahwa rider andalan tim Repsol Honda, Marc Marquez, masih akan absen pada MotoGP Qatar 2021, akhir pekan ini. Kejuaraan dunia MotoGP 2021 bakal dimulai di Sirkuit Internasional Losail, Doha, Qatar, 26 28 Maret ini. Sebelumnya, para pembalap MotoGP 2021 sudah lebih dulu menjalani tes pramusim di trek yang sama untuk mengenal lebih jauh motor baru mereka.

Marc Marquez memang absen pada tes pramusim tersebut. Namun, dia sempat menjalani sesi tes pribadi di Sirkuit Barcelona Catalunya, Spanyol, dan di Sirkuit Portimao, Portugal. Hal inilah yang kemudian membuat banyak pihak, termasuk para rival, merasa optimistis Marquez bakal bisa tampil balapan pada seri perdana MotoGP 2021.

Apalagi, dalam beberapa unggahan di media sosial Instagram, Marquez terlihat nyaman mengendarai RC213V terbaru dari Honda. Akan tetapi, harapan memulai musim balap yang baru bersama Marc Marquez kandas setelah juara dunia 8 kali itu mengonfirmasi bahwa dia tak akan tampil pada dua balapan pertama tahun ini di Qatar. Keputusan tersebut diambil Marquez atas rekomendasi dari sang dokter.

Merespons kabar ini, beberapa rival Marquez yakni Joan Mir (Suzuki Ectsar) dan Jack Miller (Ducati) serta rekan setimnya, Pol Espargaro, buka suara. Mereka berharap, saat Marquez kembali nanti, dia benar benar akan kembali dengan kuat. "Tidak ada yang tahu lebih baik ketimbang Marc mengenai kesulitan yang dia alami sepanjang tahun lalu," kata Miller, dikutip dari Crash.

"Ada perbedaan besar antara mengendarai motor biasa dengan datang ke sirkuit dan memacu sekuat tenaga motor balap selama 22 lap bersama pembalap pembalap lain." "Buat saya, ini bukan hal yang butuh otak pintar, dia akan kembali dan akan kembali dengan kuat. Kapan itu terjadi akan tergantung sepenuhnya dengan dia dan kami akan menanti kembalinya Marquez," tutur Miller menegaskan. Senada dengan opini Jack Miller, Pol Espargaro juga mengatakan bahwa keputusan Marc Marquez absen di Qatar tak lepas dari sikapnya yang mengikuti instruksi dokter.

Sebagai rekan setim, Espargaro hanya bisa menunggu Marquez kembali ke garasi. "Tentu, saya sebagai pembalap dan tim Honda sangat menanti dia kembali karena dia akan memberi bantuan besar untuk kami semua," ujar Espargaro. "Bagi saya, untuk tumbuh sebagai pembalap, memiliki pembalap terbaik di dunia di samping Anda adalah hal yang sangat penting, sementara bagi Honda, kehadiran Marquez penting untuk meningkatkan motor."

"Ini akan menjadi kabar besar saat dia kembali, dan saya pikir dia akan segera berada di level top dan berada di podium," kata Espargaro lagi. Sementara itu, juara dunia MotoGP 2020 Joan Mir mengaku tak menyangka Marc Marquez bakal absen di Qatar. Sebab, setelah memutuskan tak ikut tes pramusim di Losail, Marquez menjalani tes pribadi di dua sirkuit lain.

"Hal yang aneh adalah ketika Anda menguji bahu di satu trek dengan satu motor, lalu Anda merasa hal itu tidak benar dan Anda merasa tidak nyaman, Anda tidak akan melakukan pengecekan ulang di trek lain," tutur Mir. "Itulah kenapa saya menantikan Marc di Qatar, sebab saat Anda bersiap dan Anda melahap sejumlah kilometer, tetapi tidak mulai balapan di sini (Qatar)? Tidak seperti itu," kata Mir menambahkan. Marc Marquez terakhir kali menjalani balapan saat turun pada MotoGP Spanyol 2020 di Sirkuit Jerez.

Pada balapan tersebut, Marquez gagal menyentuh garis finis karena mengalami crash . Insiden itulah yang kemudian membuat Marquez mengalami cedera lengan kanan dan terpaksa absen hingga akhir musim. Marquez pun gagal mempertahankan gelar juara dunia MotoGP nya dan masih harus bersabar dalam memulihkan cederanya.

Tercatat, semenjak mengalami crash di Jerez, Marquez sudah naik meja operasi sebanyak tiga kali sampai akhir tahun lalu.

Marc Marquez Masih Absen di MotoGP Qatar 2021, Bagaimana Respons Para Rival?
Tagged on:                                 

Leave a Reply

Your email address will not be published.