Selama ini mungkin Anda sudah sering mendengar tentang bahaya sinar ultra violet untuk kesehatan kulit. Paparan sinar matahari berlebih, terutama sinar ultra violet memang bisa membahayakan kulit. Namun ada sisi positif dari sinar ultra violet yang juga perlu diketahui.

Jenis-Jenis Sinar Ultra Violet
Menurut Menurut dr. Arini Astasari Widodo, SpKK, seorang skin expert dalam paluncuran sunscreen Carasun, ada tiga jenis sinar ultra violet yang dipancarkan oleh matahari, sumber kehidupan di bumi, yaitu:

Sinar Ultra Violet C (UV C)

Radiasi sinar ultra violet jenis ini sebenarnya paling merusak. Namun sinar ultra violet C (UV C) tidak sampai ke permukaan bumi, karena sudah lebih dulu disaring oleh lapisan ozon.

Sinar Ultra Violet B (UV B)

Selanjutnya ada sinar ultra violet B atau UV B yang efek merusaknya cukup parah, namun sinar ultra violet ini juga sudah disaring lapisan ozon, sehingga hanya 5 persen yang bisa memasuki atmosfer dan mengakibatkan sunburn di permukaan kulit manusia.

Sinar Ultra Violet A (UV A)

Sinar UV A sebenarnya memiliki kemampuan merusak yang paling rendah, namun memiliki kemampuan untuk menembus lapisan kulit yang lebih dalam. Sekitar 95 persen sinar ultra violet yang memasuki atmosfer adalah UV A ini.

Sisi Positif Paparan Sinar Ultra Violet bagi Manusia
Sebenarnya, sinar ultra violet juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Berikut ini beberapa di antaranya.

Radiasi sinar ultra violet merupakan sumber vitamin D yang baik. Fungsi utama dari sinar ultra violet bagi manusia adalah sebagai berikut.

Membantu penyerapan kalsium.
Membantu sekresi insulin.
Membantu propagasi sel.
Memperbaiki mood dengan merangsang produksi hormon serotonin.
Menjadikan tidur lebih nyenyak berkat sekresi melatonin.
Mengontrol tekanan darah dengan cara membantu produksi nitric oxide.
Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus dan bakteri.

Efek Buruk Paparan Sinar Ultra Violet Berlebih terhadap Kulit
Meskipun bermanfaat, paparan sinar ultra violet yang berlebihan bisa menghasilkan efek merusak pada kulit. Berikut ini beberapa diantaranya.

Hiperpigmentasi (penggelapan)
Kemerahan
Sunburn
Flek hitam
Kerutan yang muncul di usia dini
Kanker kulit (melanoma)
Lalu apa yang harus dilakukan untuk memastikan kulit dan tubuh hanya menerima efek positif dari sinar ultra violet? Gunakan sunscreen pada wajah, kaki, tangan, leher, dada, dan bagian tubuh lain yang terekspos.

Bahkan meskipun Anda tidak beraktivitas seharian di bawah terik matahari, sunscreen tetap penting. Sunscreen yang baik idealnya mengandung SPF 30. Aplikasikan minimal 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Jangan lupa untuk reapply secara berkala.

Mengenal 3 Jenis Sinar Ultra Violet beserta Manfaat dan Efek Buruknya Bagi Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published.