rumah makan Danau Toba

Jika Anda berkunjung ke Sumatera Utara, tepatnya Danau Toba, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya. Mulai dari naniura, natinombur, daun ubi tumbuk, susu kerbau, hingga kopi Medan Danau Toba yang nikmat, bisa Anda temukan dengan mudah di rumah makan atau kedai di sana.

 

Selain itu, ada pula salah satu hidangan khas yang biasa tersaji di rumah makan Danau Toba adalah arsik. Hidangan ini terbuat dari ikan mas yang dimasak dengan rempah khas dan memiliki rasa segar nan sedap. Terdapat satu bumbu penting dalam pembuatan arsik, yaitu andaliman.

 

Andaliman atau Szechuan pepper memegang peranan penting untuk mendapatkan rasa arsik yang beraroma seperti citrus segar. Walau beraroma citrus, rasa andaliman ini tidaklah asam, melainkan justru pedas mengigit. Andaliman akan meninggalkan rasa getir dan agak kebal di lidah.

 

Hidangan arsik sendiri memiliki sebutan ‘dekke na niarsik’, bermakna ikan yang dimasak kering. Na niarsik ini memiliki simbol penting dalam upacara adat Batak, terutama yang terkait dengan siklus kehidupan. Misalnya saat kelahiran, pernikahan, hingga meninggal dunia.

 

Arsik ikan mas memang lebih enak jika disantap di tempat asalnya. Namun jika Anda belum berkesempatan mengunjungi Danau Toba, mencoba sendiri membuat arsik di rumah juga tidak ada salahnya, lho. Seperti apa resepnya? Simak di bawah berikut:

 

Resep Arsik Ikan Mas

 

Bahan:

1 kg ikan mas

150 gr daun bawang lokio, potong akarnya

150 gr kacang panjang, potong-potong

3 buah kecombrang, belah jadi 4 bagian

2 sdt gula pasir air secukupnya

 

Bumbu halus:

8 siung bawang putih

10 siung bawang merah

10 buah cabai rawit

5 buah cabai keriting

8 butir kemiri

2 ruas jahe

1 batang serai, ambil putihnya dan iris tipis

garam secukupnya

 

Bumbu utuh:

5 batang serai, memarkan

1 ruas lengkuas, memarkan

3 potong asam gelugur

5 buah asam cekala/patikala

2 sdm andaliman, memarkan

 

Cara Membuat

  1. Bersihkan sisik ikan, buang isi perutnya dan belah jadi dua. Cuci bersih dan beri perasan jeruk nipis dan garam.
  2. Blender halus bumbu, lumurkan sedikit ke semua tubuh ikan.
  3. Siapkan panci masak, susun serai, lengkuas, asam gelugur, asam cekala, bunga kecombrang, dan andaliman di dasar panci.
  4. Letakkan ikan mas di atasnya. Tuang sisa bumbu, ratakan.
  5. Tuang air hingga ikan terendam. Tutup panci dan masak hingga matang dengan api kecil sedang. Ketika air sudah berkurang setengahnya dan bumbu terasa sudah matang, tes rasa. Masukkan daun bawang dan masak lagi hingga air hampir habis. Angkat.
  6. Arsik ikan siap dihidangkan.

 

Tertarik untuk membuat sendiri masakan Batak Toba di rumah Anda? Selamat mencoba!

 

Resep Arsik Ikan Mas yang Menggugah Selera

Leave a Reply

Your email address will not be published.