Viral di media sosial, kisah seorang nenek dengan hobi unik, yakni mencatat jumlah kasus Covid 19 (corona) di Indoneisa. Sang nenek, diketahui, rajin melakukan kebiasaan unik itu setiap harinya. Cerita ini diunggah oleh cucu dari nenek itu, yakni Shinta Ade Alvina (Shinta) melalui akun TikTok nya, @shintaaade .

Sementara, sang nenek bernama Susilowati. Shinta dan neneknya ini hidup serumah di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Ia mengaku, setiap harinya mendengar tanggapan neneknya saat tahu angka kasus corona naik hingga turun.

Bahkan, kata Shinta, saat kasus corona naik, ia sempat tak diizinkan keluar rumah. Dari kebiasaan mencatat jumlah kasus corona ini, membuat sang nenek sangat disiplin soal protokol kesehatan (prokes). "Iya tiap hari saya sering dengerin omongan nenek saya, apalagi kalau tahu data covid ini naik. Tidak diperbolehkan saya buat keluar rumah."

Shinta dan anggota keluarga lain pun menerima baik kebiasaan sang nenek itu. "Dari pihak keluarga pun tidak mempermasalahkan asalkan itu berdampak positif aja dan membuat nenek saya jauh lebih berhati hati apalagi dengan usia yang tidak lagi muda," kata Shinta. Sebagai cucu, Shinta melihat hobi neneknya ini sangat positif.

Ia sempat bertanya kepada sang nenek soal alasan di balik hobi mencatat data covid 19 ini. Salah satu alasannya, yakni melatih daya ingatan si nenek. "Kegemaran nenek ini sangat positif, selain peduli dengan penyebaran wabah covid. Ini juga untuk mengasah otak agar tidak pikun," ungkap Shinta.

Update jumlah kasus corona itu ditulis neneknya di kertas maupun buku, setiap harinya. Baik itu angka penambahan kasus positif maupun yang berujung sembuh. Bagi Shinta, hobi mencatat data covid 19 ini sudah dilakukan neneknya sejak lama.

"Untuk menulis secara tulis dilakukan setelah penayangan di TV sudah tidak muncul lagi, untuk bulan apa saya kurang begitu tau," tambahnya. Sampai sekarang, kata Shinta, kebiasan ini masih dilakukan sang nenek. Sampai berita ini tayang, Minggu (13/6/2021), video TikTok Shinta ditonton lebih dari 419 ribu orang.

Beberapa warganet pun mengomentari hobi unik sang nenek itu. "Harus jadi duta covid nih neneknya," tulis @rettapramesti. "Lumayan itu udah ada datanya tinggal ngajuin judul skripsi," komentar @nkenfeb.

Ketika video ini viral, Shinta mengaku tak menyangka hal itu akan terjadi. Ia berharap video itu dapat memberikan pesan manfaat bagi warganet yang menonton. "Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua pentingnya menerapkan protokol kesehatan (prokes)," pungkasnya.

Viral Nenek Punya Hobi Mencatat Jumlah Kasus Covid-19, Sempat Tak Izinkan Cucunya Keluar Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published.